Sunday, October 25, 2009

Onde Onde

Adopted from Jajanan & Kue Basah Tradisional Indonesia - Gramedia Pustaka Page 14-15

BAHAN:

Untuk Isi:

125gram Kacang hijau, kupas & rendam kurang lebih 2 jam, tiriskan

125gram Gula pasir

175ml air

2 lembar Daun pandan, sobek-sobek

Untuk Kulit

275gram Tepung ketan

50gram Tepung beras

1/2 sdt Garam

3 sdm Air kapur sirih

150ml Air hangat

250gram Wijen

750ml Minyak Goreng

CARA MEMBUAT:

  • Buat Isi: Kukus kacang hijau yang sudah dikupas hingga matang dan cukup lunak (approx. 15 minutes), angkat, haluskan. Masak kacang hijau yang telah dihaluskan ini bersama gula pasir, air dan daun pandan di atas api kecil. Aduk-aduk hinggak air habis dan adonan seperti bubur kental, angkat, dinginkan. Bagi menjadi 25 bagian, bentuk masing-masing manjadi bulatan.
  • Buat Adonan Kulit: Campur tepung ketan, tepung beras, garam dan air kapur sirih. Aduk rata. Tuangi air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan licin dan tidak lengket di tangan. Bagi adonan menjadi 25 bagian, masing-masing bentuk bulat.
  • Ambil satu bulatan adonan kulit, pipihkan. Isi tengahnya dengan satu bulatan adonan isi, bentuak bulat lagi, kira-kira sebesar bola pingpong. Pastikan bulatan adonan isi berada di tengah-tengah. Gulingkan di atas wijen, hingga seluruh permukaannya tertutup wijen.
  • Rendam onde onde dalam minyak hangat terlebih dahulu, goreng selama kurang lebih 5 menit, angkat. Lalu goreng lagi dalam minyak hangat yang semakin lama semakin panas di atas api sedang sambil terus dibolak-balik hingga onde onde matang, kulitnya mengeras dan berwarna kecoklatan, angkat, tiriskan.

Catatan:

  • Jangan langsung menggoreng onde onde dalam minyak panas, karena kulitnya akan pecah (meletus) pada saat digoreng.
  • Minyak hangat adalah minyak yang dihangatkan diatas api kecil sekali, jaga agar minyak tidak menjadi panas, jika terjadi demikian, matikkan dulu apinya, tunggu agar minyak menjadi hangat.
  • Air kapur sirih terbuat dari campuran air dan kapur yang biasa digunakan orang untuk makan sirih.

No comments:

Post a Comment